Give Big Smile to The Problems

photo by : mastah yose

Sticky Notes :

Dalam satu pertemuan mendengar seorang sesepuh menyampaikan sebuah pencerahan. Hidup itu memang penuh masalah, bahkan sampai mati (baca : meninggal) pun manusia akan terus ditimpa masalah andai dia tidak dapat membawa amal-amal kebaikan ke hadapan tuhannya. Ya, gitulah kurang lebih.

Hari-hari yang berat memang kerap ane jalani. Terkadang kalau lagi gak pandai-pandai meredam segala sesuatunya, istri bahkan anak kadang ikut kena imbas, astaghfirullaaah…

Dalam sebuah nasehat ane kepada kawan, masalah ibarat tumpukan sampah dan ada banyak benda disana (ada plastik, daun kering, de el el). Orang yang kurang bijak maka akan terus menganggap sampah adalah sampah, sampai akhirnya dia terbenam dalam busuknya tumpukan sampah. Tapi sebaliknya orang yang bijak akan berusaha menjadikan tumpukan sampah itu menjadi manfaat baginya. Ada banyak orang toh yang bisa mendulang rupiah dari sampah, dari daun kering dan biji-biji pohon kering akhirnya bisa jadi serangkaian hiasan bunga yang cantik dan bernilai tinggi, dari plastik-plastik kemasan tak berguna disulap jadi tas, payung dan lainnya.

Begitu pun kita, kita harus berusaha menyulap masalah yang kita hadapi menjadi sesuatu yang memberikan manfaat buat kita. Jangan justru kita terbenam dalam busuknya tumpukan masalah. Huuuh… ngomong memang kadang mudah kali, ya? Tapi mudah-mudahan kita semua terus diberikan kearifan dalam menghadapi masalah yang terus-menerus datang.

:tumben ane nulis lebih panjang dari biasanya 😀

Iklan

~ oleh captoel pada Februari 11, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s